Senin, 11 Agustus 2014

MOBILE PROGRAMMING

            Assalamualaikum Wr. Wb.
            Selamat Pagi,Siang,Sore,Malam bagi semua yang melihat blog saya, saatnya saya kembali untuk mmberikan informasi yang semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita semua.

            Pernah memakai ini ?



            Apakah Mobile Programming atau Pemrograman Mobile?
            Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalam segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya perbedaan hardware dan API yang di gunakan.
            Apakah yangg dimaksud dengan Mobile sendiri?
            Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan



            “JAVA MOBILE”
Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++.Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada tahun 1995 oleh Sun microsystems. Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan , James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems . Uniknya nama java diambil dari nama pulau jawa ( bahasa inggris dari jawa ) karena James Gosling " Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa . Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia .
Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek,maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat.
 Kelebihan Java :Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti. Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java . Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi . Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar 
( Java Archive ) .
Kekurangan Java :Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit.
           
Macam-macam bentuk Mobile Programming yang berkembang untuk ponsel yaitu:
1. J2ME
2. C++ dalam symbian framework
3. Flash Lite
4. Objective C yang hanya digunakan oleh Iphone
5. C++ dalam Brew framework untuk handphone CDMA
6. C#.NET untuk handphone yang bersistem windows phone
7. Javafx mobile (support masih terbatas tetapi dimungkinkan untuk handphone android)
8. PHP




  1. J2ME
J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektonik beserta perangkat pendukungnya. J2ME membawa Java kedunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada ponsel, peger, PDA dan sejenisnya.(M. Salahuddin, Rosa A.S, 2006:5).
Menurut (Budi Raharjo 2007:3) J2ME merupakana kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut Java API (application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didisain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang yang terbatas. Kombinasi tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan diatas alat (dalam hal ini mobile device).
J2ME merupakan sebuah kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut dengan Java API dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didesain khusus untuk alat yang memiliki ruang yang terbatas dan berukurang kecil. J2ME di desain khusus untuk perangkat-perangkat komputasi yang berukuran kecil terutama wireless seperti handphone, PDA, smartphone, embedded device dll, J2ME memiliki konfigurasi dan profile yang mendefinisikan kelas Java API yang dapat digunakan oleh aplikasi. dengan menyediakan platform standar untuk pengembangan perangkat wireless, J2ME terdiri atas perangkat-perangkat komponen sebagai berikut:
  • Java Virtual Machine (JVM), komponen untuk menjalankan program-program Java pada emulator atau handheld device.
  • Java Application Programming Interface (API), merupakan kumpulan library untuk menjalankan dan mengembangkan program Java pada Handheld Devices.
Tools lain untuk mengembangkan Java, semacam emulator Java Phone, Emulator Nokia, Emulator Siemens dan Emulator Motorola.


       2.  C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming)

Objective-C
Objective-C adalah bahasa pemrograman native utama yang dipakai untuk membuat aplikasi Mac. Bahasa ini diextend dari bahasa C yang menggunakan style dari Smalltalk. Semua syntax untuk operasi non object oriented hampir sama dengan C, sedangkan untuk operasi object oriented mengimplementasi dari style Smalltalk. Jadi, sebaiknya anda mempunyai dasar yang cukup dalam pemrograman bahasa C.


       3.  C#


C# merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik, dan tanda pagar # tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalamkeyboard standar.
    Standar European Computer Manufacturer Association (ECMA) mendaftarkan beberapa tujuan desain dari bahasa pemrograman C#, sebagai berikut:
  1. Bahasa pemrograman C# dibuat sebagai bahasa pemrograman yang bersifat bahasa pemrograman general-purpose (untuk tujuan jamak), berorientasi objek, modern, dan sederhana.
  2. Bahasa pemrograman C# ditujukan untuk digunakan dalam mengembangkan komponen perangkat lunak yang mampu mengambil keuntungan dari lingkungan terdistribusi.
  3. Portabilitas programmer sangatlah penting, khususnya bagi programmer yang telah lama menggunakan bahasa pemrograman C dan C++.
  4. Dukungan untuk internasionalisasi (multi-language) juga sangat penting.
  5. C# ditujukan agar cocok digunakan untuk menulis program aplikasi baik dalam sistem klien-server (hosted system) maupun sistem embedded (embedded system), mulai dari perangkat lunak yang sangat besar yang menggunakan sistem operasi yang canggih hingga kepada perangkat lunak yang sangat kecil yang memiliki fungsi-fungsi terdedikasi.
  6. Meskipun aplikasi C# ditujukan agar bersifat 'ekonomis' dalam hal kebutuhan pemrosesan dan memori komputer, bahasa C# tidak ditujukan untuk bersaing secara langsung dengan kinerja dan ukuran perangkat lunak yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan bahasa rakitan.
  7. Bahasa C# harus mencakup pengecekan jenis (type checking) yang kuat, pengecekan larik (array), pendeteksian terhadap percobaan terhadap penggunaan Variabel-variabel yang belum diinisialisasikan, portabilitas kode sumber, dan pengumpulan sampah (garbage collection) secara otomatis.

      4.   JavaFX


JavaFX adalah bahasa pemrograman modern yang memungkinkan untuk membuat aplikasi mencari dengan antarmuka pengguna grafis yang canggih. JavaFX adalah anggota baru dari keluarga besar Java, JavaFx merupakan sebuah tambahan baru untuk platform Java yang menjanjikan pemakaian konsisten dari desktop ke alat-alat portabel. JavaFX ini memungkinkan RIA (Rich Internet Application) untuk tampil di layar mobile device, desktop, televisi dan sebagainya. 
JavaFX diintegrasikan sepenuhnya dengan Java Runtime Environment (JRE). JavaFX aplikasi akan dijalankan pada desktop dan browser yang menjalankan dan JRE di atas ponsel menjalankan JavaME. JavaFX didasarkan pada konsep sebuah “common profil” yang ditujukan ke seluruh perangkat span didukung oleh JavaFX. Pendekatan ini memungkinkan para pengembang untuk menggunakan model pemrograman Commonmobile dan berbagi banyak kode, grafis dan konten aset antara desktop dan versi mobile.
Maka bisa disimpulkan bahwa JavaFX ini memungkinkan RIA [Rich Internet Application]untuk tampil di layar mobile device, desktop, televisi dsb. JavaFX mampu berjalan pada berbagai sistem operasi mobile, termasuk Symbian OS, Windows Mobile, dan kepemilikan real-time sistem operasi.


      5.   PHP


PHP adalah bahasa pemograman web yang digunakan untuk membuat halaman web dinamis . Walaupun pada perkembangannya, PHP saat ini juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi selain web, seperti aplikasi desktop. PHP pertama kali  di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, namun sekarang di ambil oleh oleh The PHP Group. Pada awalny PHPadalah singkatan dari Personal Home Page, namun dalam perkembangannya, di ubah menjadi PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, yang sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL)yang biasa digunakan untuk proyek Open Source. Namun penggunaan PHP tetap tidak dikenakan biaya (gratis). Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Dan menurut wikipedia, PHP telah terinstall pada lebih dari 244 juga website dan 2,1 web server hingga saat ini.


SUMURnya

http://radityaalif80.blogspot.com/2013/09/pengertian-java-mobile.html

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar