Senin, 28 Januari 2013

Cara Menginstal Pc Linux OS


Cara Instalasi PCLinuxOS

     PCLinuxOS 2010 Beta 2 telah rilis, kernel diperbarui untuk 2.6.32.10bfs – perbaikan bug dan saran dari tanggapan masyarakat selama seminggu terakhir menggunakan LiveCD. Selain SC KDE versi 4.4.1 sekarang PCLinuxOS memiliki Gnome, Phoenix XFCE, Gnome Zen PCLXDE dan ISO tersedia mini yang menampilkan berbagai desktop tersedia di PCLinuxOS.

     Kali ini saya akan menuliskan langkah-langkah menginstall PClinuxOS 2010, semoga tulisan ini bisa membantu rekan-rekan yang baru belajar Linux dan ingin migrasi ke Linux. Langsung saja, langkah-langkah installasinya adalah sebagai berikut :
1.Atur First Boot Komputer melalui BIOS agar membooting CD/DVD Rom.
2.Masukkan CD PClinuxOS kedalam drive CD/DVD Rom komputer anda.
3.Setelah komputer membooting CD PClinuxOS maka tampilan awal akan muncul pilihan seperti pada gambar dibawah ini :

4.Pilih LiveCD untuk menjalankan Linux melalui CD, melaui fasilitas ini anda dapat menjalankan linux tanpa harus menginstall terlebih dahulu kedalam hardisk sehingga anda dapat memastikan apakah linux yang akan kita install ke hardisk support dengan hardware yang anda miliki.
5.Setelah memilih LiveCD tunggu proses seperti gambar dibawah ini:



6.Setelah proses selesai maka akam muncul pilihan layout keyboard, pilih saja defaultnya US Keyboard lalu tekan tombol Next.

7.Tunggu beberapa saat untuk masuk kedalam desktop LiveCD PClinuxOS




8.Setelah LiveCD tampil anda bisa mencoba-coba dahulu PClinuxOS, cek apakah semua hardware anda kompatibel dengan PClinuxOS. Kalo sudah anda bisa langsung menginstall permanent secara langsung kedalam hardisk anda dengan cara mendouble klik icon Install yang terdapat pada desktop.

9.Masukkan password root dengan mengetikan root pada kolom password lalu klik tombol OK.
10.Selanjutnya akan muncul kotak dialog Draklive-Install, klik next untuk melanjutkan.


11.Berikutnya akan muncul settingan partisi hardisk, hati-hati jika anda memiliki partisi data atau partisi system operasi lain yang masih digunakan. Pada praktek ini saya menggunakan hardisk kosong. Lebih baik anda membuat partisi khusus untuk installasi linux dengan kapasistas minimal 3 Gb ( 1 Gb untuk partisi Swap dan sisanya untuk partisi root).
12.Pilih Custom disk partitioning untuk menentukan sendiri setingan partisi yang kita inginkan, lalu klik tombol next.



13.Karena hardisk yang saya gunakan masih dalam keadaan kosong maka tidak ada partisi apapun dan tampilannya akan seperti dibawah ini:


14.Untuk menginstall linux minimalnya anda harus membuat 2 partisi yang dibutuhkan oleh linux yaitu partisi Swap dan partisi Root. Ukuran partisi swap biasanya 2x dari ukuran ram yang digunakan oleh computer, missal Ram yang digunakan 256 Mb maka partisi swapnya 512 Mb, partisi ini digunakan sebagai cadangan memori, sedangkan partisi root untuk menyimpan semua file installan beserda data-data yang lainnya. Sekarang kita buat partisi swap dahulu, caranya klik kotak panjang di sebelah kiri atas lalu klik tombol create .
15.Karena ram yang saya gunakan 512mb maka saya membuat partisi swap dengan ukuran 1024 mb, caranya geser Size in Mb sampai mendapatkan ukuran yang kita kehendaki. Ubah Filesystem type menjadi Swap lalu klik tombol OK.



16.Setelah partisi swap dibuat lanjutkan membuat partisi root dengan cara mengklik sisa hardisk yang masih kosong lalu tekon tombol create



17.Selanjutnya saya gunakan seluruh isi hardisk yang tersisa untuk dijadikan partisi root, ubah Filesystem type menjadi Journalised FS:ext4 dan pilih maunt point “ / ” lalu klik tombol OK

18.Partisi swap dan root sudah dibuat, kita bisa melanjukan proses installasi dengan menekan tombol done dan tekan tombol OK pada kotak dialog Read Carefully.

19.Tunggu proses installasi sampai selesai, ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 20 menit.





20.Setelah proses installasi selesai akan muncul beberapa settingan seperti gambar dibawah ini:



21.Angka 10 pada menu Delay before booting default image maksudnya waktu pada saat booting image pertama kali komputer diaktifkan ada boleh membiarkannya atau merubahnya menjadi angka 1 agar proses booting terasa lebih cepat. Lalu klik tombol Next
22.Berikutnya akan muncul settingan menu booting, tidak ada yang perlu dirubah di settingan ini. Klik tombol Next untuk melanjutkan.



23.Jika semua settingan telah selesai maka akan muncuk kotak dialog yang berisi perintah untuk merestart computer anda. Klik tombol finish, sampai disini hardisk sudah terinstall PClinuxOS.



24.Sekarang anda harus merestart komputer anda, klik tombol menu => Leave => Restart Computer.



25.Setelah komputer sudah direstart, maka pada pertama kali computer menyala akan tampil screen seperti gambar dibawah ! Pilih Boot PCLinuxOS



26.Tunggu proses booting sampai selesai untuk melanjutkan ke setting berikutnya yaitu setting password untuk root.


27.Berikutnya silahkan masukkan password untuk root (apa saja terserah anda) dan harap menggingat selalu password yang anda gunakan. Nantinya jika anda akan melakukan konfigurasi-konfigurasi pada linux akan dimintai konfirmasi password yang anda masukkan ini. Setelah password terisi tekan tombol Next.



28.Setting selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk menambahkan user yang akan kita pakai, silahkan masukkan nama anda dan nama untuk loginnya ! Jika anda tidak ingin menggunakan password anda bisa mengosongkan passwordnya lalu klik Next.



29.Akhirnya proses installasi pun telah selesai semua, untuk login kedalam PCLinuxOS pilih user yang akan kita gunakan lalu klik tombol login.



30.Selamat !! PCLinuxOS sudah bias digunakan pada komputer anda… Semoga bermanfaat !



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar